• Tips Berwisata Ke Gunung Bromo Jawa Timur

    Tips Berwisata Ke Gunung Bromo Jawa Timur
    Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi yang terletak di Jawa timur dan masih aktif hingga sekarang, tepatnya di 4 kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Sebagai gunung berapi yang masih aktif mengeluarkan asap belerang, Gunung Bromo menjadi tujuan wisata terkenal di Jawa Timur dan dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun internasional setiap harinya.

    Letak ketinggian Gunung Bromo 2.392 meter diatas permukaan laut dan memiliki bentuk tubuh bertautan diantara lembah dan ngarai dengan dikelilingi kaldera atau lautan pasir luas kurang lebih sekitar 5.300 hektar.

    Gunung Bromo terkenal sebagai icon wisata probolinggo paling indah dan paling banyak dikunjungi. Sejarah kata Bromo berasal dari kata Brahma yaitu salah satu dewa agama hindu. Gunung Bromo memang tidak besar seperti gunung berapi lain di Indonesia tetapi pemandangan di wisata Bromo sangat menakjubkan sekali. Keindahan Gunung Bromo yang luar biasa membuat wisatawan kagum dan senang.

    Dari puncak penanjakan pada ketinggian 2.780 m, wisatawan bisa melihat matahari terbit di wisata Bromo. Pemandangan yang indah membuat banyak wisatawan ingin mengabadikan momen berharga ini. Pada waktu matahari terbit terlihat dari puncak penanjakan yang sangat luar biasa para pengunjung bisa melihat latar depan dari Gunung Semeru yang akan mengeluarkan asap terlihat dari kejauhan dan matahari akan bersinar terang naik ke atas langit.

    Disekitar lokasi Gunung Bromo terdapat banyak penginapan dan homestay yang siap disewakan, jika Anda akan berlibur ke Bromo ada baiknya memakai jasa travel agent dan memilih harga paket wisata bromo yang paling murah dan kualitas memadai.

    Tips Berwisata Ke Gunung Bromo Jawa Timur

    Tips sebelum berangkat ke Bromo, sebaiknya Anda melakukan persiapan sebagai berikut:

    Persiapkan pakaian dan segala perlengkapan
    Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui bahwa suhu udara di Gunung Bromo bisa mencapai dibawah 10 derajat celcius. Bagi kita penduduk Indonesia yang sudah terbiasa dengan iklim tropis tentunya tidak bisa membayangkan seberapa dinginnya udara dengan suhu di bawah 10 derajat celcius itu. Berikut beberapa rekomendasi mengenai pakaian yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan:

    Jaket atau pakaian dingin. Sangat direkomendasikan menggunakan jaket yang bisa menahan hawa dingin terutama jaket kulit, bukan jaket yang sekedar fashion saja. Selain jaket disarankan juga membawa beberapa T-Shirt cadangan sehingga apabila dengan menggunakan jaket masih merasa dingin Anda bisa menambahkan T-Shirt sebelum menggunakan jaket.

    Syal, topi, sarung tangan. Kebanyakan jaket tidak menutupi area tubuh bagian leher. Ada baiknya Anda membawa syal daripada nantinya leher kedinginan. Begitu pula dengan topi dan sarung tangan. Apabila Anda tidak memiliki perkakas ini, Anda tidak perlu khawatir karena di tempat wisata Bromo akan ada yang menjual berbagai syal, topi, dan sarung tangan disana walaupun harganya akan sedikit lebih mahal.

    Sepatu. Jangan pernah berpikir untuk menggunakan sandal, kontur jalan yang akan dilalui sebagian besar berbatu dan licin. Sepatu boot atau sepatu hiking akan lebih beguna daripada sepatu sneakers karena selain kuat sepatu jenis ini akan melindungi Anda dari cidera.
    Lampu Senter / Flashlight. Apabila Anda ingin menikmati sunrise di puncak bukit, Anda akan mulai mendaki gunung disaat langit masih gelap gulita. Penerangan dari senter akan sangat membantu Anda dalam menapaki jalan yang terjal.

    Masker. Wilayah Gunung Bromo cenderung berpasir dan berangin. Dengan adanya masker bisa melindungi hidung dan mulut kita dari terpaan debu pasir yang bisa menyebabkan batuk dan perih pada tenggorokan.

    Bawalah Makanan dan Minuman
    Memang Anda akan menemui banyak warung yang menjual jenis makanan disana. Akantetapi ada baiknya Anda membawa juga beberapa makanan kecil untuk mengantisipasi rasa lapar, karena harga makanan disana relatif lebih mahal.

    Jangan Lupa Uang Tunai
    Tidak ada ATM di lokasi wisata Gunung bromo jadi disarankan Anda membawa uang tunai sesuai kebutuhan saat liburan ke Bromo, jika memang Anda terlanjur kekurangan uang tunai sebaiknya Anda turun ke kota mencari ATM dan jangan sampai terlalu malam jika posisi penginapan atau homestay Anda terletak di dekat puncak Bromo dikarenakan kondisi pada saat malam hari gelap dan berkabut.

    Demikianlah informasi singkat mengenai tips bewisata ke gunung bromo Jawa Timur, jika Anda ingin simple dalam perjalanan ke wisata Gunung Bromo sebaiknya menggunakan jasa travel agent yang dapat dipercaya...... selamat liburan di wisata gunung bromo dan jangan lupa share ke kerabat atau teman-teman..... happy travaeling with tripannisa.com
    Tips Berwisata Ke Gunung Bromo Jawa Timur
  • You might also like

    1 komentar: